Rabu, 28 September 2011

Perbedaan Shared Hosting, VPS, Dedicated Server, dan Colocation

1. Shared Hosting
ialah sebuah server yang digunakan untuk meletakkan (baca hosting) beberapa web site. Server ini adalah sebuah komputer yang memiliki akses dan dapat diakses secara terus menerus di Internet dan memiliki IP yang statis.

2. VPS (Virtual Private Server 
adalah sebuah metode untik mempartisi atau membagi sumber daya / resource sebuah server menjadi beberapa server virtual. Server virtual tersebut memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server. Bahkan Anda dapat me-reboot sebuah server virtual secara terpisah (tidak harus mem-reboot server utama). Dalam sebuah VPS, resource server yang alokasikan adalah meliputi CPU Core, CPU Usage, RAM, dan Storage atau ruang penyimpananan. Teknologi yang digunakan dalam layanan VPS tersebut adalah teknologi virtualisasi.

3. Dedicated Server
adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan daalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

4. Colocation 
adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server  disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar